SENIMAN BELADIRI KUNGFU ASAL WONOSOBO MEMPEROLEH PENGHARGAAN REKOR MURI YANG KEDUA KALINYA.

oleh -174 Dilihat
oleh

WONOSOBO, THINTHIER SETIA HATI – Setelah sebelumnya memperoleh penghargaan Rekor MURI (Museum Rekor – Dunia Indonesia) No : 10450/R.MURI/VII/2022 sebagai Seniman Beladiri yang mempelajari jenis dan aliran seni beladiri terbanyak.”
Yang diserahkan secara langsung oleh Founder & Ketua Umum MURI Prof Dr (HC) Jaya Suprana pada tanggal 27 Juli 2022 di Galeri MURI Jakarta.
Kemudian pada tanggal 28 November 2022 ,Odi Purwanto kembali memperoleh penghargaan yang kedua kalinya Rekor MURI (Museum Rekor – Dunia Indonesia) No : 10716/R.MURI/XI/2022 sebagai “Seniman beladiri yang mempelajari seni senjata style/aliran kungfu terbanyak.”
Yang juga diserahkan secara langsung oleh Founder & Ketua Umum MURI Prof Dr (HC) Jaya Suprana.

Odi Purwanto yang biasa dipanggil dengan Shifu Odi, dilahirkan di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah pada bulan Februari tahun 1979.
Shifu Odi mulai belajar seni beladiri sejak umur 6 tahun.
Hingga sekarang sudah sekitar 35 tahun lebih mencintai & menekuni seni beladiri ,mengembara belajar dari banyak guru berbagai aliran seni beladiri (baik aliran Cina, Jepang, Korea maupun Indonesia).

Odi kecil mulai tertarik belajar kungfu terinspirasi oleh film-film kungfu jadul yang dibintangi oleh Gordon Liu ,Ti Lung ,David Chiang, Chen Kuan Tai ,Liu Chia Liang ,Bruce Lee ,Jet Li ,Jackie Chan dll.

“Kenapa anda begitu menyukai kungfu ?”
Jawaban Shifu Odi :
“Karena kungfu bagi saya merupakan seni beladiri yang paling unik, artistik, indah, filosofis , lengkap dan menarik untuk dipelajari.
Apalagi jurusnya ada bermacam-macam aliran ,termasuk seni senjatanya , bisa dikatakan kungfu merupakan seni beladiri dengan beragam senjata terbanyak diantara seni beladiri lainnya.”

Senjata-senjata dalam seni beladiri kungfu meliputi : senjata panjang ,senjata pendek ,senjata ganda dan senjata fleksibel.
Senjata pendek dan ganda misalnya : golok , pedang , trisula (sai) ,deer horn (tanduk menjangan) ,kait ganda (shuang gou) ,tonfa dll.
Senjata panjang misalnya : toya ,tombak ,pu dao ,golok Guan Kong dll.
Senjata fleksibel(lentur) misalnya : nunchaku (double stick) , triple stick(sansetsukon/sanjiegun) , rantai cambuk 9 ruas(jiujiebian) , meteor hammer(bandul bintang jatuh) , rope dart (tali bintang melesat) dll.

Untuk bisa memainkan senjata-senjata tersebut dibutuhkan kecintaan ,dedikasi, keseriusan dan disiplin berlatih selama bertahun-tahun.
Arti kata KUNGFU itu sendiri adalah skill atau keahlian.
Sebuah keahlian khusus yang diperoleh melalui latihan yang tekun & disiplin dalam jangka waktu lama (bertahun-tahun).

Dan khusus di tahun 2022 ini selain memperoleh dua kali rekor MURI ,Shifu Odi juga memperoleh penghargaan & pencapaian luar biasa bidang seni beladiri lainnya, antara lain :
1.Gelar Kearifan Pendekar Pelestari Perdamaian .Yang diberikan oleh PPPSI (Pelestari Perdamaian Pentjak Silat Indonesia) di Tangerang Banten pada tanggal 4 September 2022.
2.Gelar Pendekar Pelestari Budaya Banten.Yang diberikan oleh GM Jaka Surya sebagai Pendiri & Ketua Umum Forum Lintas Seni Budaya Pencak Silat & Debus Banten (Cilegon , 24 September 2022)
3.Black Belt DAN V Anggota Kehormatan & Dewan Pemangku Ronin Phoenix Martial Arts Indonesia (25 September 2022).
4.Black Belt DAN V dari World Yon Rin Kempo Organization (25 September 2022)
Diberikan oleh GM/Brahma Guru Henri Hendarto selaku official representative of Indonesia.
5.Balck Belt DAN V KENKI yang diperoleh melalui system Peringkat Kelulusan karena Orientasi & Kemampuan Beradaptasi (Graduation Rank due to Orientation and Adaptability).
6.Black Belt DAN V AIKWONDO RYU FULL CONTACT yang diperoleh melalui pengangkatan sebagai salah satu (dari 9 Dewan Pemangku ) serta berdasarkan Orientasi & Kemampuan Beradaptasi (Graduation Rank due to Orientation and Adaptability).
7.Penganugerahan sebagai Majelis Tinggi Pendekar Kampoeng Silat Jampang.Yang diberikan oleh Master Ustadz Herman Budianto , Ketua Kampoeng Silat Jampang
(Bogor ,20 November 2022).

Banyak prestasi pencapaian lain di bidang seni beladiri berhasil diperolehnya,dibuktikan dengan banyaknya penghargaan(award) , medali & piala yang berhasil dikoleksi yang diperoleh atas kemaniakan & keseriusannya dalam menekuni seni beladiri khususnya KUNGFU.

Shifu Odi aktif mengajar baik untuk umum ,kelas privat ,maupun instansi militer (Kostrad ,Markas Komando Armada Barat TNI AL ,Brimob Den A ,security perusahan-perusahan dll).
Murid tersebar dimana -mana dari Sabang sampai Merauke ,bahkan sampai ke luar negeri (Malaysia & Australia) melalui kelas online.
Murid-muridnya banyak yang berprestasi tingkat nasional maupun internasional.
Shifu Odi juga sering diundang sebagai bintang tamu ,nara sumber/pembicara acara-acara TV maupun mengadakan seminar, short course atau pelatihan tentang seni beladiri.

Video jurus & beberapa skill beladiri Shifu Odi bisa disaksikan di akun medsosnya :
Chanel Youtube : Odi Purwanto
Fb & reel : Odi Purwanto
Instagram :ODIPURWANTO
(Jangan lupa subscribe & follow)

Atas dedikasi & kecintaannya pada seni beladiri khususnya kungfu, maka Shifu Odi mendirikan “Galery & Museum Kungfu Wonosobo”(galery kungfu pertama di Indonesia)
Dalam galeri tersebut dipamerkan beragam koleksi senjata kungfu ,ratusan buku-buku & video beladiri, koleksi video kungfu jadul original, serta pernak-pernik kungfu termasuk lukisan karya seni hasil kreasi tangan Shifu Odi sendiri.

“Seni beladiri adalah perjalanan seumur hidup.Seperti bernafas setiap hari ,jangan pernah bosan.Beladiri tidak ada akhir dan tingkatan tertinggi.Karena seorang pelatih adalah seorang murid yang tidak pernah berhenti belajar.” (Odi.P – GoesObie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.