Pagelaran Wayang Lakon Bimo Krido di Lanud Adi Soemarmo, Dalam Rangka HUT TNI ke – 78

oleh -648 Dilihat
oleh

Surakarta, Bengawanpos.com – Dalam rangka hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ke-78 tahun 2023 Komando Pendidikan dan Latihan AU (Kodiklat AU) mengadakan pergelaran wayang kulit dengan lakon Bimo Krido bertempat di lapangan Dirgantara Lanud Adisoemarmo pada hari Jumat (6/10/2023) malam

Dimulai pukul 19:30 sampai dengan selesai, pergelaran wayang kulit dengan lakon Bimo Kridho dan terbuka untuk umum. Pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Margono Prasetyo yang dikenal dengan Gogon mengadirkan bintang tamu Bagong glondor dan Petruk Sadi Bei .

Tampak hadir Komandan Depohar 50, Bupati Boyolali, bupati Sukoharjo ,para pejabat TNI POLRI dijajaran kabupaten Boyolali dan Sukoharjo, para pejabat Muspida dijajaran kabupaten Boyolali dan Sukoharjo , GM PT  Angkasa Pura 1 , Pimpinan Bank BRI serta tamu undangan yang lain..

Dalam Sambutan Danlanud Adi Soemarmo Marsekal Pertama TNI  Ridha Hermawan, S.H., M.Han, pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia yang dilaksanakan serentak di 78 titik di Indonesia, sebagai wujud kepedulian dari jajaran TNI untuk turut nguri-uri seni budaya warisan leluhur agar tetap lestari, sehingga generasi penerus bangsa nantinya tetap mengenal dan memahami ajaran adiluhung dari warisan budaya bangsa ini.

Acara pagelaran wayang dengan Dalang Ki Margono Prasetyo, S.Sn mengambil lakon Bima Krido yang mengisahkan tentang Bima mulai dari lahir hingga menjadi Brahmana di pertapaan Argakelasa dengan nama Begawan Bima Suci. Bima menyebarkan ilmu sangkan paraning dumadi atau ilmu kasampurnan untuk kebutuhan rohani dan batiniah. kisah ini mengandung makna berbuat atau bertindak kebaikan yang dapat bermanfaat untuk nusa dan bangsa.

Untuk itu, maka apa yang menjadi pesan kebajikan dari lakon ini nantinya bisa teraktualisasi dan terinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah kebhinekaan.

” Mengakhiri sambutan ini, saya himbau kepada masyarakat yang hadir agar selalu menjaga ketenangan, kenyamanan dan kebersihan selama pertunjukkan wayang ini. saya ucapkan selamat menikmati, semoga apa yang kita berikan dapat bermanfaat bagi kita semua” Pesan Danlanud (Dewa/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.