Perkuat Kearifan Lokal, Orkes Keroncong Putra Bengawan Desa Kadokan Dapat Bantuan Dari Kemensos

oleh -2565 Dilihat
oleh

Sukoharjo, Bengawanpos.com – Dalam rangka menangkal potensi konflik sosial dan ekstrimisme di masyarakat, Kementerian Sosial Republik Indonesia bersinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan bantuan sosial Kearifan Lokal di Desa Kadokan. Bantuan 50 juta dari kemensos ini diterima oleh Orkes Keroncong Putra Bengawan, Desa Kadokan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo,Rabu(24/01/24)

Sementara itu Wafi Selaku Fasilator Daerah menjelaskan ,bantuan senilai 50 juta rupiah yang disalurkan langsung oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia kepada Orkes Keroncong Putra Bengawan melalui Bank Mandiri ini digunakan untuk penguatan kearifan lokal berbasis seni budaya dan penguatan ekonomi masyarakat.

Dimana Orkes Keroncong Putra Bengawan yang beralamat di Dusun Buntarejo, Desa Kadokan, Kecamatan Grogol ini dirintis pada 2019 secara swadaya.

Kegiatan Orkes Keroncong Putra Bengawan secara rutin saat ini meliputi: pelatihan seni musik keroncong, pengisi acara dalam hajatan warga, pengisi kegiatan acara-acara desa, dan mengikuti even festival musik keroncong di tingkat lokal.

“Orkes Keroncong Putra Bengawan yang rutin melakukan latihan pada Selasa malam tiap pekan ini, juga kerap dihadiri oleh penikmat musik keroncong dari sekitar Desa Kadokan,” kata dia.

Selanjutnya bantuan Kearifan Lokal dari Kemensos senilai 50 juta ini diwujudkan untuk membeli alat-alat keroncong berupa bass petik klasik, cello klasik, cak, cuk, gitar melodi, flute, biola dan seragam anggota.

Selain itu bantuan tersebut juga dipergunakan untuk penguatan ekonomi masyarakat yang diwujudkan menjadi kios boks container dan alat-alat memasak untuk mendukung UMKM di bidang kuliner yang sedang berkembang di Desa Kadokan seperti aneka jajanan bakaran, jasuke, dan bakso kuah.

Sementara itu,ketua Orkes Keroncong Putra Bengawan, Edris Defina, Menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Kemensos dan BNPT RI atas bantuan Kearifan Lokal yang diterima oleh kelompoknya.

Ia juga mengatakan bantuan ini dapat menjadi pemacu semangat bagi seluruh anggota Orkes Keroncong Putra Bengawan untuk terus berkreasi dan berkarya mengembangkan musik keroncong.

Ia berharap dengan adanya program penguatan ekonomi dari bantuan Kearifan Lokal ini semakin mendorong semangat pelaku UMKM di Kadokan untuk berperan dalam penguatan ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya program ini akan menjadi pemacu bagi Orkes Keroncong Putra Bengawan untuk semakin meningkatkan kreativitas dalam bidang kesenenian khususnya seni musik keroncong, dan menjaga nilai budaya kearifan lokal di desa Kadokan.

“Kemudian di bidang ekonomi program kearifan lokal ini semoga dapat menjadi pendorong bangkitnya semangat umkm – umkm lokal di desa kadokan untuk berperan dalam penguatan ekonomi masyarakat” ucapnya. (Din/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.