Univet Sukoharjo Ajak Generasi Muda Melestarikan Budaya Melalui Lomba Kreasi Lagu Daerah

oleh -142 Dilihat

Sukoharjo, Bengawanpos.com – Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo menggelar Lomba Kreasi Lagu Daerah (Folksong) dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-56. Bertempat di Gedung H Lantai 3, Univet Bantara Sukoharjo. Rabu (07/02/24).

Rangkaian acara dimulai dengan persiapan teknis dan registrasi peserta lomba, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Univet, diikuti laporan ketua panitia dan sambutan dari rektor Univet yang sekaligus menandai dimulainya lomba.

Tampak hadir dalam kegiatan, Rektor Univet, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum; Warek I, Dr. Ir. Sri Hartati, MP; Warek II, Ir. Yos Wahyu Harinta, M.Si; Warek III, Dr. Ir. Sodikin, ST, Ketua MT; Ketua Humasker Univet Dr. Veronika Unun Pratiwi dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Lomba, Made Maheswari, S.Sos, M.Si. menyampaikan “tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk memupuk kreativitas dan semangat juang generasi muda dalam melestarikan budaya daerah. Selain itu, juga menjadi upaya publikasi untuk memperkenalkan Universitas Veteran Bangun Nusantara kepada siswa SMA/SMK dalam Pembukaan Mahasiswa Baru(PMB).” ujarnya.

Lomba ini diikuti oleh delapan sekolah SMA/SMK sederajat se-Karisidenan Surakarta, adapun ketentuan lomba antara lain, formasi peserta lomba dapat berupa duo, trio kwartet atau grup yang beranggotakan 4-6 orang. Kedua, Peserta diberi kebebasan untuk memilih alat musik yang akan digunakan. Ketiga, peserta tidak diperbolehkan bermain di dua/lebih grup.

Penampilan salah satu peserta lomba kreasi lagu daerah. (foto/dewangga)

Peserta diwajibkan menyiapkan dua lagu daerah, satu lagu wajib yaitu Cublak-Cublak Suweng dan satu lagu bebas sesuai dengan yang sudah ditentukan panitia, antara lain Ampar-Ampar Pisang, Lir-Ilir, Manuk Dadali, Gambang Suling, Bungong Jeumpa, Sipatokan, Apuse, Rek Ayo Rek, Sinanggar Tulllo, Mejangeran, Tanduk Majeng, dan Flobamora. Pemilihan lagu tidak boleh sama antara babak penyisihan dengan babak final.

Kriteria pemenang lomba antara lain juara 1, juara 2, juara 3, dan juara favorit; dengan masing-masing hadiah berupa uang tunai sebesar 1 juta rupiah untuk juara 1, 750 ribu rupiah untuk juara 2, 500 ribu rupiah untuk juara 3, dan 250 ribu rupiah untuk juara favorit.

Prof. Farida dalam sambutannya menyampaikan, “kegiatan semacam ini sangat penting sekali untuk generasi muda, karena dengan begitu mereka dapat mengasah kemampuan dan rasa percaya diri dengan harapan mereka dapat menjadi individu yang berkembang dan berkualitas, menjadi jembatan menuju kesuksesan” ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah. Adapun pemenang lomba kreasi lagu daerah, yaitu :
Juara 1, SMA Negeri 1 Wonogiri
Juara 2, SMK Bina Patria 1 Sukoharjo
Juara 3, SMA Negeri 1 Sukoharjo
Juara Favorit, SMK Bakti Mulia Wonogiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.