Babinsa Berperan Aktif dalam Pembuatan Pematang Sawah untuk Keberhasilan Pertanian

oleh -124 Dilihat
oleh

Sragen – Serda Rohmadi, seorang Babinsa dari Desa Doyong Koramil 16/Miri Kodim 0725/Sragen, turut serta dalam pendampingan Upsus kepada petani dengan membantu pembuatan galengan sawah seluas kurang lebih 2300 meter. Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat proses tanam selanjutnya di lahan pertanian. Aksi pembuatan galengan sawah dilakukan di lahan milik Bapak Suwarno dari Poktan “Dadi Mulyo” di Dukuh Grabyak, Rt. 11, Desa Doyong, Kecamatan Miri., Kamis (18/04/2024)

Rohmadi menyatakan harapannya bahwa kehadirannya dapat memberikan motivasi kepada para petani sehingga semakin bersemangat dalam bekerja dan mampu meningkatkan hasil pada saat panen nanti.

Menurut Rohmadi, pembuatan galengan atau pematang sawah dilakukan dengan menggunakan alat cangkul. Caranya adalah dengan mencangkul pada batas sawah dan membentuk selokan agar air yang digunakan untuk mengairi sawah tidak terhambat. Selain menghemat air dalam proses mengolah sawah sebelum dibajak, pembuatan galengan juga membantu menyuburkan tanah yang akan ditanami. Sistem ini juga bermanfaat sebagai pembatas antara satu sawah dengan sawah lainnya.

Dengan dukungan aktif dari Babinsa seperti Rohmadi, diharapkan pertanian di wilayah tersebut dapat semakin berkembang dan memberikan hasil yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.