Pemberdayaan UMKM Kuliner di Solo melalui Festival Makan-Makan

oleh -81 Dilihat
oleh

Solo – Festival Makan-Makan Mangkunegaran yang merupakan bagian dari Adeging Mangkunegaran ke-267 presented by PermataBank diikuti oleh 80 tenant yang ada di Solo.

Pengageng Panti Budaya Mangkunegaran Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sujiwo mengungkapkan, Festival Makan-Makan ini merupakan upaya pemberdayaan UMKM lokal khususnya kuliner di Solo serta abdi dalam yang berada di bawah Projo Mangkunegaran.

“Kita semua tentu suka makan. Di sini ada 80 tenant dan ada 10 kuliner pilihan Mangkunegaran. Festival Makan-Makan ini merupakan ide dari KGPAA Mangkoenegoro X yang ingin memberdayakan masyarakat lokal serta juga abdi dalam,” kata GRA Ancillasura saat membuka acara Festival Makan-Makan di Pura Mangkunegaran, Sabtu (27/4/2024).

GRA Ancillasura menambahkan, festival makan-makan ini diharapkan bisa memperkenalkan kuliner khas Solo kepada warga sekitar dan juga warga di luar Solo.

Selain itu, kata dia, festival makan-makan ini merupakan langkah nyata Pura Mangkunegaran memajukan ekonomi melalui kolaborasi dalam rangka menyejahterakan masyarakat Solo dan juga abdi dalam di bawah Projo Mangkunegaran.

Co-founder dan COO Katadata Indonesia, Ade Wahjudi menambahkan, semua tenant yang berpartisipasi di Festival Makan-Makan dikurasi langsung oleh Mangkunegaran.

Ade mengatakan, pada tahun depan diharapkan ada lebih banyak lagi kuliner pilihan Mangkunegaran yang bisa ambil bagian di Festival Makan-Makan.

“Tiap tahun kita akan mencoba meningkatkan kualitas tenant, harapannya acara ini bisa menjadi festival yang membantu UMKM untuk dekat dengan masyarakat. Khusus untuk masyarakat dari luar Solo bisa melihat langsung makanan pilihan Mangkunegaran,” ujar Ade.

Division Head Corporate Communication PermataBank Glenn Ranti menambahkan, PermataBank senang bisa berpatisipasi dalam perayaan ulang tahun Pura Mangkunegaran ke-267.

“Kita berharap dalam dua hari ini, masyarakat Solo dan sekitarnya bisa terhibur dengan sejumlah rangkaian acara Adeging Mnagkunegaran ke-267 mulai dari Festival Makan-Makan, Mangkunegaran Run in Solo serta Royal Dinner,” kata Glenn.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.