Taman Cerdas: Masih Ditemukan Ratusan Putung Rokok saat Hari Tanpa Tembakau Sedunia

oleh -43 Dilihat
oleh

Surakarta  – Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Pemuda Penggerak bersinergi dengan Forum Anak Surakarta dan Mahasiswa University College London (UCL) menggelar aksi pungut puntung rokok. Kegiatan ini dilaksanakan di dua taman cerdas, yaitu Taman Cerdas Joyotakan dan Taman Cerdas Jebres, sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan bahaya merokok, terutama di area publik. Sabtu (04/05/2024)

Dalam waktu 30 menit di setiap lokasi, para peserta berhasil mengumpulkan total 224 puntung rokok. Taman Cerdas Joyotakan mencatatkan 208 puntung rokok, sedangkan Taman Cerdas Jebres menemukan 16 puntung rokok. Selain itu, di Taman Cerdas Joyotakan ditemukan juga 6 bungkus korek batang dan 1 korek gas, sementara di Taman Cerdas Jebres ditemukan 1 bungkus rokok dan 1 korek gas.

Ketua Pemuda Penggerak, Aprilia Dian Asih Gumelar, menjelaskan bahwa aksi ini bertujuan untuk menyoroti pelaksanaan Peraturan Daerah No 9 Tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kota Surakarta. Meskipun pengelola taman cerdas telah melakukan upaya untuk menjaga kebersihan, masih ditemukan banyak puntung rokok, yang menandakan perlunya penegakan aturan yang lebih ketat dan kesadaran masyarakat yang lebih baik.

Menyikapi hal ini, Galuh Nawang Puspita dari Forum Anak Surakarta menyatakan pentingnya pemahaman masyarakat tentang Kawasan Tanpa Rokok. Temuan ini menunjukkan bahwa masih ada kekurangan dalam pemahaman akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari bahaya rokok. Harapannya, dengan upaya lebih lanjut, masyarakat dapat lebih sadar akan dampak buruk merokok terutama di tempat-tempat publik seperti taman bermain.

Camat Serengan, Margono, menyatakan kesiapannya untuk meningkatkan pengawasan terhadap wilayahnya dan lebih tegas dalam menindak pelanggaran, khususnya terkait temuan puntung rokok yang masih ditemukan di area taman.

Pemuda Penggerak, sebagai wadah komunitas pemuda yang peduli terhadap isu perlindungan anak, terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya merokok, terutama di tempat-tempat publik yang menjadi ruang bermain anak-anak. Aksi pungut puntung rokok ini menjadi salah satu upaya konkret dalam mewujudkan kawasan bebas rokok dan lingkungan yang lebih sehat bagi anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.